Selamat! 11 Mahasiswa UTP Lolos Program Pertukaran Mahasiwa Merdeka Angkatan 2 tahun 2022

Humas & Promosi

12 Agustus 2022
315
slider

Pembekalan program pertukaran mahasiswa merdeka Angkatan 2 tahun 2022 dilaksanakan pada hari Selasa, 09 Agustus 2022 di ruang sidang kampus 1 UTP Surakarta. Pada Angkatan kedua ini ada 11 mahasiswa UTP yang berhasil lolos dan akan mengikuti perkuliahan di kampus-kampus yang terdapat di luar Jawa sesuai dengan yang mereka pilih. Program ini akan dilaksanakan selama 4,5 bulan atau kurang lebih 1 semester.

Saat pembekalan tentunya banyak sekali pesan dan nasehat yang disampaikan oleh Dr. Winarti,M.Si selaku Rektor UTP. Salah satunya beliau berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan dengan baik program pertukaran mahasiswa merdeka ini.

“Gunakan kesempatan kalian untuk belajar di tempat baru dan jangan malas untuk mengeksplore hal-hal yang baru di kampus yang kalian pilih sebagai tempat menimba ilmu. Ini merupakan sebuah kesempatan emas yang jarang atau bahkan tidak didapatkan oleh mahasiswa dan mahasiswi lainnya.”, ungkap Winarti.

Menurut Winarti, program merdeka belajar ini juga sesuai dengan bagian dari tri ciri, patriotisme, mandiri dan kepeloporan. Patriotisme ditunjukkan dengan sikap berani para mahasiswa untuk menimba ilmu keluar dan belajar di tempat yang baru. Mandiri, jauh dari rumah untuk belajar dan mencari ilmu baru, memanage diri sendiri jauh dari orangtua maupun keluarga. Pelopor menjadi contoh untuk adik-adik tingkat dan generasi selanjutnya agar terinspirasi mengikuti kegiatan yang positif seperti ini.

Selain di hadiri oleh Rektor, pembekalan program pertukaran mahasiswa merdeka ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Kepala biro akademik UTP dan koordinator pertukaran mahasiswa merdeka.   

Program pertukaran mahasiswa merdeka adalah program bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Ini merupakan kali kedua mahasiswa UTP lolos mengikuti program ini. Selesksinya pun cukup ketat dimulai dari proses administrasi hingga survey kebhinekaan yang dilakukan oleh panitia pusat. Lebih dari 35.000 pendaftar terpilihlah 12.700 mahasiswa yang berhasil mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka Angkatan 2.

Selamat untuk ke-11 mahasiswa UTP yang telah lolos program pertukaran mahasiswa merdeka Angkatan 2. Semangat menimba ilmu di tempat baru dan jangan lupa untuk selalu membawa nama baik UTP di luar sana.


Universitas Tunas Pembangunan

Kampus 1 Jl. Balekambang Lor No. 1,Manahan,Surakarta, Jawa Tengah

Kampus 2 Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


Apa Yang Kamu Butuhkan ?

Konsultasi Online
Panduan Pendaftaran
E-Brosur


Langsung Daftarkan Dirimu
Pendaftaran Mahasiswa Baru