Mahasiswa UTP Sumbang Medali untuk Indonesia di Ajang Asian Para games 2023

Humas & Promosi

07 November 2023
157
slider

Ajang Asian Para Games 2023 yang diadakan di Hangzhou China memang sudah berakhir, namun euphorianya masih terasa hingga sekarang. Atlet-atlet dari Indonesia yang berjuang di Asian Para Games 2023 banyak mendulang prestasi dari masing-masing cabor. Salah satu Prestasi membanggakan di kancah internasional kembali diukir oleh mahasiswa-mahasiswa NPC Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP). Kali ini prestasi tersebut di persembahkan oleh 9 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UTP.

Ke Sembilan  mahasiswa tersebut antara lain Hana Resti (peraih medali perunggu di cabor para table tennis), Rahmat Hidayat (peraih medali perunggu di cabor para table tennis), Mohammad Rian Prahasta (peraih medali perunggu cabor para table tennis), Jendi Pangabean (peraih medali emas cabor para renang), Maulana Rifky Yavianda (peraih 2 emas dan 1 perak cabor para renang), Fredy Setyawan (peraih 2 perak dan 1 perunggu cabor Para Badminton), Khalimatus Sadiyah (peraih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu cabor para badminton),Ni Nengah Widiasih ( peraih 1 perak cabor Para Powerlifting), Leani Ratri Oktiladari (peraih 2 emas dan 1 perak cabor Para badminton). Total keseluruhan medali yang didapat ada 17 medali yang terdiri dari 6 emas, 6 perak dan 1 perunggu.

Maulana Rifky Yavianda atau yang akrab disapa Rifky merupakan atlet para renang dan berhasil meraih 2 emas dan 1 perak bahkan tercatat memecahkan rekor Asia di nomor renang 100m dengan catatan waktu 1 menit 03,55 detik. Saat dihubungi oleh Tim Humas UTP mengaku senang dan bersyukur sekali atas raihan medali yang didapatkan. Tentunya Rifky mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dan mendukungnya selama ini.

“Allhamdulillah juga sudah mencapai bahkan melebihi target yang semula 1 emas 1 perak. Menjadi 2 emas 1 perak. Tentu ini memotivasi saya juga untuk ke target selanjutnya yaitu paralimpik. Semoga saya bisa pulang dengan membawa medali juga”,tuturnya.

Meskipun pulang dengan membawa medali, ternyata Rifky sempat mengalami kendala khususnya dikesiapan mental mulai dari sebelum pertandingan hingga saat menjelang pertandingan.

“Kendala yang saya hadapi mungkin dari segi mental yang harus saya siap kan untuk menghadapi perlombaan. Mulai target dari pelatih dan tidak mudah meremehkan. Karena dari lomba ini saya belajar bahwa mental sangatlah penting untuk dipersiapkan dan diasah ketika lomba sudah mulai dekat”, jelasnya.

Selain Rifky, atlet Para Badminton, Fredy Setiawan juga memberikan kesannya selama mengikuti pertandingan Asian Para Games 2023 ini. Fredy mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka bisa bermain di level Asia. Persiapan yang dilakukan oleh Fredy pun tak jauh berbeda dengan atlet lainnya, bahkan sudah dimulai sejak satu tahun lalu sesuai dengan program yang dijadwalkan oleh pelatih.

“Saya berharap bisa main lagi di tingkat Asia dan target saya bisa menang di Japan Open 2023”, harapnya.


Universitas Tunas Pembangunan

Kampus 1 Jl. Balekambang Lor No. 1,Manahan,Surakarta, Jawa Tengah

Kampus 2 Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


Apa Yang Kamu Butuhkan ?

Konsultasi Online
Panduan Pendaftaran
E-Brosur


Langsung Daftarkan Dirimu
Pendaftaran Mahasiswa Baru