UTP Juarai Lomba Beton Nasional

Administrator

06 Januari 2021
277
slider

Tim Beton Ganesha UTP Surakarta baru saja mengirimkan dua tim terbaiknya untuk mewakili Lomba Beton Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara, Jakarta (28/5). Yaitu diwakili oleh tim Glory Ganesha 19 dan tim Tridaya Ganesha 19. Namun sayangnya tim Tridaya Ganesha 19 tidak lolos babak final, sedangkan tim Glory Ganesha 19 UTP tampil memukau dan keluar sebagai Juara I, menyingkirkan sang juara bertahan 2 tahun, UNS.

Lomba yang diikuti mereka yaitu Civil National Expo 2021 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Tarumanagara (IMASTA). Civil National Expo sudah diselenggarakan sejak tahun 2014, dengan berbagai jenis lomba di bidang teknik sipil seperti geoteknik, struktur dan konstruksi, manajemen konstruksi, dan transportasi. Salah satu perlombaan yang diselenggarakan yaitu Lomba Beton Nasional, perlombaan Beton Nasional ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu, dan tahun ini merupakan tahun ke-25 diselenggarakannya acara ini. Tema yang diangkat dalam Civil National Expo 2021 ini adalah "Pengembangan Kualitas Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia dalam Bidang Konstruksi pada Era Industri 4.0".

Sedangkan, tema Lomba Beton Nasional yang diusung pada tahun ini adalah "Reactive Powder Concrete". Reactive Powder Concrete merupakan beton jenis terbaru yang dikembangkan pada tahun 1990-an, beton ini mempunyai kekuatan yang sangat tinggi, yakni antara 100-800 MPa.

Tentunya hal ini menjadi tantangan besar bagi Tim Beton Ganesha untuk mengikuti acara tersebut, karena mereka ditantang untuk membuat beton dengan mutu yang sangat tinggi, namun tetap memperhatikan inovasi yang dipakai. Namun dengan keyakinan penuh, akhirnya Tim Beton Ganesha mengirimkan dua timnya untuk mengikuti perlombaan tersebut, dan tim Glory Ganesha 19 yang beranggotakan Yanuar Setya Yudhatama, Dinda Ajeng Anindita Putri, dan Rian Astama yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Sipil semester 4 berhasil meraih juara 1 dalam perlombaan ini. Sungguh hal yang sangat membanggakan bagi UTP karena mahasiswa perwakilannya bisa mendapatkan prestasi yang gemilang di bidang teknik sipil tahun ini. Dan lebih hebatnya, tim Glory Ganesha 19 ini berhasil menyisihkan musuh-musuh lainnya yang berasal dari universitas negeri dan swasta yang terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Mercubuana, Universitas Tarumanagara, dan banyak lainnya, karena peserta dalam Lomba Beton Nasional tahun ini berjumlah 33 tim dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.


Universitas Tunas Pembangunan

Kampus 1 Jl. Balekambang Lor No. 1,Manahan,Surakarta, Jawa Tengah

Kampus 2 Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


Apa Yang Kamu Butuhkan ?

Konsultasi Online
Panduan Pendaftaran
E-Brosur


Langsung Daftarkan Dirimu
Pendaftaran Mahasiswa Baru