SAMBUTAN REKTOR

UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Asalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Selamat datang di situs Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta,
Terima kasih Anda telah mengunjungi situs kami, Semoga situs kami bisa memberikan manfaat bagi Anda dalam mencari atau memperoleh informasi yang Anda perlukan. UTP Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Masyarakat didirikan pada tanggal 17 Juli 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. UTP Surakarta mempunyai dua kawasan kampus yang terletak di kota Solo. Kampus I terletak di Jl Balekambang Lor No. 1 Manahan, sedangkan Kampus II berlokasi di Jl Walanda Maramis No 31 Cengklik Solo. Kampus I dipergunakan untuk Kantor Rektorat dan Fakultas Pertanian, dan di Kampus II untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Saat ini UTP Surakarta memiliki empat Fakultas dan delapan Program Studi Strata Satu yakni. Fakultas Teknik dengan dua Program Studi yaitu Teknik Sipil dan Arsitektur, Fakultas Ekonomi dengan dua Program Studi yaitu Manajemen dan Akutansi, Fakultas Pertanian dengan dua Program Studi yaitu Agroteknologi dan Agrobisnis, serta FKIP dengan dua Program Studi yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Bimbingan Konseling. Sebagai sebuah institusi pendidikan, UTP Surakarta dikelola secara professional dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan handal di bidangnya. Kami juga terus berupaya untuk selalu berkomitmen dalam mewujudkan UTP Surakarta sebagai salah satu pusat pemikiran, pengkajian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memperkaya khasanah kehidupan masyarakat dan mendukung pembangunan nasional. Selain itu kami memberikan kesempatan yang luas kepada segenap elemen civitas academica untuk terus mengembangkan kreativitas di bidangnya masing-masing, seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global.

Kami mempunyai slogan Program Belajar Tepat Waktu. Bahwa program akademik ditata dan dipersiapkan sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Di bawah bimbingan para dosen yang handal dan berpengalaman serta dilengkapi dengan sarana prasarana akademik yang memadai kami persiapkan lulusan yang kompetitif dan berkarakter. Terimakasih atas waktunya untuk bereksplorasi di UTP lewat situs ini. Semoga anda dapat menemukan informasi yang berharga. Kritik dan saran kami harapkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan kualitas layanan kami.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Rektor UTP

SEJARAH

UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Didorong oleh keinginginan untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa, para pejuang yang berjuang dalam Tentara Pelajar Brigade 17 mengalihkan perjuangannya untuk mengisi kemerdekaan di bidang pendidikan, dengan mewariskan kepada generasi penerus berupa jiwa dan semangat patriotisme, kepeloporan dan kemandirian yang menjadi ciri perjuangan Tentara Pelajar.

Untuk mewujudkan keinginan di atas, maka pada tahun 1979 dibukalah program Pendidikan Ahli Teknik (PAT) sebagai embrio berdirinya Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, di bawah Yayasan Perguruan Tinggi-Tunas Pembangunan( YPT.TP ) Surakarta, yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1980 dengan Akta Notaris R. Moeljatmo. Nomor 5 tanggal 19 Juni 1980.

Selanjutnya dengan Surat Keputusan Nomor : 017/YPT.TP/SK/VII/1980, tanggal : 17 Juli 1980, didirikan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta dengan Fakultas-Fakultas sebagai berikut :
1. Fakultas Teknik, dengan Jurusan: Sipil, Arsitektur dan Pendidikan Ahli Teknik ( PAT )
2. Fakultas Pertanian, dengan Jurusan: Budidaya Pertanian/Agronomi
3. Fakultas Ekonomi, dengan Jurusan: Manajemen

Pada tanggal 20 Mei 1981 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta menerima penggabungan Jurusan Bimbingan dan penyuluhan (B), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yosogipuro Surakarta, yang selanjutnya berubah nama menjadi Jurusan Psikologi dan Bimbingan (PPB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Selanjutnya pada tahun 1986 dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0289/O/1986, tanggal : 22 Mei 1986, diadakan penetapan kembali penyusunan Jalur Jenjang Program Pendidikan dengan status Terdaftar di Lingkungan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta sebagai berikut :

No Fakultas Jurusan Program
1  Teknik Teknik SipilStrata - I
    ArsitekturStrata - I
    Pendidikan Ahli teknik (PAT)Diploma III
2  Pertanian  Budidaya PertanianStrata - I
3  Ekonomi ManajemenStrata - I
4  KIP Psikologi pendidikan dan bimbinganStrata - I

Pada tahun 1985 dibuka Jurusan baru pada Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan yaitu Jurusan Olah Raga dan kesehatan ( POK ). Dua tahun kemudian tepatnya tahun 1987 Jurusan POK memperoleh Status Terdaftar dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0620/O/1987, tanggal 8 Oktober 1987.
Pada tahun 1996 dibuka Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi, dan memperoleh Status Terdaftar pada tanggal 18 Juni 1996, dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 188/DIKTI//Kep/1996.
Pada tahun 1997 Fakultas Pertanian menambah satu Jurusan yaitu Agrobisnis, yang selanjutnya pada tanggal 24 Juli 1997 Status Terdaftar dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 220/DIKTI/Kep/1997.

Sampai dengan tahun 2010 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta memiliki Fakultas, Jurusan dan Program Studi dengan Status sebagi berikut :
NO Fakultas Jurusan Prodi Jenjang Status S. keputusan
1  Teknik Sipil Teknik Sipil  Strata-I Terakreditasi B002/BAN-PT/AK-VIII/S1/VI/2004
17 Juni 2004
    Arsitektur Arsitektur  Strata-I Terakreditasi B033/BAN-PT/AK-VIII/S1/VIII/2004
13 Agustus 2004
2  PertanianBudidaya pertanian Agronomi  Strata-I Terakreditasi C001/BAN-PT/AK-XI/S1/IV/2008
18 April 2008
   Sosial Ekonomi Agrobisnis  Strata-I Terdaftar220/DIKTI/Kep/1997
24 Juli 1997
3  EkonomiManajemen Manajemen perusahaan  Strata-I Terakreditasi B028/BAN-PT/AK-X/S1/XI/2007
26 Nopember 2007
   Akuntansi Akuntansi  Strata-I Terakreditasi C027/BAN-PT/AK-XI/S1/X/2008
30 Oktober 2008
4  KIPPendidkan Olahraga dan KesehatanPendidkan Kepelatihan Olahraga  Strata-I Terakreditasi B010/BAN-PT/AK-V/S1/VII/2003
9 Juli 2003
   Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling PPB/BK  Strata-I Terdaftar0289/0/1986
Tanggal 22 Mei 1986

ARTI LAMBANG

UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Arti Lambang

Pada garis besarnya, Ganeca melambangkan sifat-sifat dasar yang khas :
1. Cendekia
Sifat khas Cendikia
Sifat dasar cendikia disini berarti menunjukkan sifat arif dalam pandangan dan pertimbangan serta sifat bijaksana dalam sikap dan langkah perbuatan hidupnya. Sifat cendikia pula bertekad memerangi kebodohan dan sikap menerangi ketidaktahuan bangsanya.

2. Puruhita
Sifat khas Puruhita
Mencerminkan jiwa yang selalu lapar harus berguru keilmuan, kearifan dan ketrampilan sekaligus harus mengabdi untuk mengemban nilai-nilai kebenaran dan keadilan hidup. Berbahagialah Bangsa Indonesia telah memiliki perbendaharaan nilai-nilai hidup tinggi yang sangat berbobot seperti tercantum dalam Dasar Negara Kita yaitu Pancasila.

3. Pelopor
Sifat Khas Pelopor
Disini jelas menunjukan sifat berani tampil di barisan depan melopori menjawab segala macam bentuk tantangan hidup dan kehidupan dari bangsa dan negaranya.

4. Religius
Sifat Khas Religius
Azas hidup rokhaniah bernaaskan keheningan-keheningan religius yaitu : Keteguhan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Keterangan analisa arti Tanda-tanda dan warna dari Lambang ganeca
1. Belalai menghirup isi mangkuk di tangan kiri depan, melambangkan hasrat keinginan yang tiada puasnya untuk meneguk, menyerap air kebijaksanaan, werdi kewajiban serta Ilmu Pengetahuan (long life education), baik untuk kematangan kedewasaan pribadinya maupun guna diamalkan kepada masyarakat dan bangsanya.

2. Taring Patah, dalam genggaman tangan kanan belakang melambangkan pena pengetahuan, kebajikan dan kebijaksanaan untuk didharma-baktikan kepada masyarakat dan bangsanya.

3. Senjata kapak di tangan kanan belakang melambangkan ketajaman tantangan, betapapun besar sulitnya sekaligus mengisyaratkan keberanian tekad menjadi pionir bangsanya, menyingkirkan rintangan-rintangan kemerdekaan dan isi kemerdekaan Ibu Pertiwi .

4. Tasbih (Aksamala) di tangan kiri belakang melambangkan Azas keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa serta keheningan semedi dalam upaya kontak batin pribadi dengan Tuhan Yang maha Pencipta,

5. Warna kuning Emas yang melekat dan memancarkan pada seluruh tubuh Ganeca melambangkan sifat-sifat satria yang inheren dalam pengabdiannya.

6. Dasar gambar warna hitam melambangkan keabadian dan kemantapan.

7. Landasan tengkorak yang berjumlah 5 (lima) melambangkan tekad meskipun tahu sekalipun tantangannya berat, kita tetap setia, teguh dan gigih menjadi pejuang pengawal bangsa dan Negara RI yang berdasarkan hidup 5 (lima) sila yaitu Pancasila.

VISI & MISI

UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Visi

Menjadikan Universitas sebagai pusat pengkajian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang berwawasan global, berbasis keragaman lokal yang dilandasi oleh semangat Patriotisme, Kepeloporan dan Kemandirian.

Misi

a) Mengembangkan sumber daya manusia berkualitas yang tanggap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (IPTEKS) yang berwawasan global dengan memperhatikan kondisi lokal.
b) Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui perberdayaan masyarakat sebagai bagian dari usaha untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan permasalahan yang berkembang.
c) Membangun kelulusan yang tanggap terhadap perkembangan IPTEKS serta mampu menerapkannya secara mandiri dan profesional.

Tujuan

a) Menghasilkan tenaga terdidik yang profesional, cakap, mandiri, memiliki daya saing, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan yang luas dalam kehidupan sebagai pribadi maupun sebagai anggota.
b) Menghasilkan pemikiran dan temuan-temuan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas untuk mengembangkan dan menerapkan IPTEKS yang mampu menjawab tantangan lokal dan global.
c) Menghasilkan lulusan yang terampil berorganisasi dan memiliki jiwa kepemimpinan.
d) Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas tinggi terhadap dinamika kehidupan masyarakat, yang dijiwai oleh semangat patriotisme, kepeloporan dan kemandirian.

Hubungi Kami Secara Online

lowongan pekerjaan kerja info pekerjaan