MEMOTRET KEBUDAYAAN SURAKARTA DALAM SEBUAH SKETSA

IMG_20180826_095052

Surakarta (26/08) – Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta mengadakan lomba menggambar sketsa dengan tema “Solo Dalam Sketsa” sebagai rangkaian dari Dies Natalis UTP ke-38. Acara yang bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia Cab. Surakarta ini diadakan di halaman Benteng Vesternburg. Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik, Bp. Kusdiman menyebutkan bahwa tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk memotret budaya solo dalam sebuah sketsa, sehingga terpilihnya  Benteng Vesternburg menjadi pusat acara juga dikarenakan bangunan tersebut merupakan salah satu icon kebudayaan di Surakarta. Perlombaan ini resmi dibuka oleh Prof. Tresna selaku rektor UTP dengan menggambar sketsa di depan para audiens dan peserta perlombaan.

Perlombaan yang diikuti oleh 63 peserta tingkat SMA/SMK se-Soloraya memilih Bank Indonesia sebagai objek gambar perlombaan. Peserta bebas memilih sudut yang digunakan dalam sketsa mereka. Septian Tri A (SMKN 9 SKA) berhasil meraih juara I. Disusul oleh Ahmed Yazid dan (SMK Muh. Ska) dan Joko Wahyu T (SMKN 9 Ska) sebagai juara II dan III. Masih ada pula Winda Arum (SMAN 1 Klego Boyolali), Ahmad Fadhil Z (MAN 2 Ska), dan Salsabila Mumtaz (SMAN 1 Kra) sebagai juara harapan I, II, dan juara favorit.

Perwakilan dari Ikatan Arsitek Indonesia cab. Surakarta menyebutkan bahwa perlombaan ini merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengenalkan program studi arsitek pada siswa/i SMA/SMK yang ada di Surakarta maupun sekitarnya. Bamban Y selaku ketua panitia mengharapkan perlombaan ini dapat membangkitkan kesadaran generasi muda terhadap nilai dan  budaya Surakarta yang dipotret dalam sebuah sketsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>