Dies Natalis UTP Ke-42, FKIP UTP Mengadakan Seminar Nasional Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul & Berprestasi Dunia Di Era Society 5.0

Administrator

23 Juli 2022
303
slider

Masih dalam rangka mempringati Dies Natalis ke-42, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta mengadakan Seminar Nasional (semnas) dengan tema Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul & Berprestasi Dunia Di Era Society 5.0 pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 yang bertempat di Hotel Sahid Jaya Solo. Tema ini sengaja dipilih karena untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menunjang kebugaran, karakter dan prestasi di era sekarang. Acara semnas dibuka langsung oleh Dr. Winarti, M.Si selaku Rektor UTP Surakarta. Dalam sambutannya Winarti tak henti-hentinya mengucapkan rasa terimakasih kepada 4 narasumber yang dipilih untuk mengisi acara semnas, panitia dari dosen dan tendik FKIP serta seluruh peserta yang hadir pada acara semnas. Selain itu Winarti juga menyinggung bahwa olahraga merupakan gaya hidup atau life style yang bagus yang seharusnya tidak ditinggalkan. UTP sebagai salah satu kampus yang terkenal dengan program studi keolahragaannya tentu akan selalu support kegiatan-kegiatan yang mengarah ke olahragaan.

Agustanico Dwi Muryadi, M.Pd selaku Dosen Pendidikan Jasmani (Penjas) UTP yang ditunjuk sebagai ketua palaksana pada acara semnas ini menyebutkan 4 narasumber yang dipilih yaitu Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd (Guru Besar & Kaprodi S3 IOR Fakultas Keolahragaan UNS), Dr. Raden Isnanta, M.Pd (Deputi 3 Kemenpora bidang pembudayaan Olahraga), Prof. Dr. Joko Pekik I, M.Kes. AIFO (Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY dan Ketua Asosiasi Guru Besar Olahraga) serta Dr. Teguh Santosa, M.Pd (Wakil Rektor 2 UTP Surakarta).

“pemilihan 4 narasumber dipilih karena mereka merupakan ahli dibidang masing-masing dan sudah mempunyai pengalaman dibidang olahraga dan segala bentuk permasalahan tentang olahraga serta dapat memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan olahraga yang sedang dihadapi”, ungkap Nico.

Acara bidagi dalam 2 sesi, sesi pertama dimoderatori oleh Slamet Santoso,M.Pd dan 2 narasumber yang mengisi sesi pertama yaitu Prof. Dr. Joko Pekik I, M.Kes. AIFO yang menyampaikan materi Olahraga Sebagai Piranti Membangun Karakter Bangsa (Era Society 5.0) dan yang kedua Dr. Raden Isnanta, M.Pd yang membawakan materi kebijakan dan startegi implementasi dalam mewujudkan Indonesia bugar. Sesi kedua dimoderatori oleh Rima Febrianti, S.Pd, M.Pd. Pada sesi kedua, narasumber pertama yang mempresentasikan materi adalah Dr. Teguh Santosa, M.Pd yang menyampaikan materi tentang Trining Zone-Panduan Olahraga Minim Risiko. Setelah itu dilanjutkan oleh Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd yang menyampaikan materi Menjaga kebugaran dengan HIIT (High Intensity Interval Training).

Nico mengungkapkan bahwa acara semnas ini digelar selain untuk memperingati Dies Natalis UTP ke-42, semnas ini juga merupakan pengimplementasian dan tindak lanjut dari MoU dan MoA dengan Kemenpora, UNY, dan UNS. Nico juga menambahkan bahwa output dari semnas ini peserta yang memasukkan artikel nantinya dapat dipublikasikan sebagai prosiding nasional.  

Sebagai Ketua Pelaksana Nico merasa puas dan senang dengan pelaksanaan semnas yang digelar oleh FKIP UTP. Persiapan yang hanya 1 bulan menjadi tantangan berat yang di hadapi oleh Nico dan panitia. Meski begitu pelaksanaan semnas berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapannya, yaitu dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menciptakan masyarakat yang bugar, berkarakter, dan mempunyai prestasi.  

“senang sekali acara semnas ini berjalan lancar dan tidak ada halangan serta kendala apapun sampai pelaksanaan semnas selesai meski Kami hanya diberi waktu satu bulan. Harapan saya acara semnas bisa memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menciptakan masyarakat yang bugar, berkarakter, dan mempunyai prestasi”, ungkap Nico saat selesai acara.


Universitas Tunas Pembangunan

Kampus 1 Jl. Balekambang Lor No. 1,Manahan,Surakarta, Jawa Tengah

Kampus 2 Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


Apa Yang Kamu Butuhkan ?

Konsultasi Online
Panduan Pendaftaran
E-Brosur


Langsung Daftarkan Dirimu
Pendaftaran Mahasiswa Baru